Thursday 19 November 2015

Penelitian Agama Buddha: Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Peluang Karir dan Religiusitas Siswa Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke PTA

ABSTRAK


Sugianto. 2014Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Peluang Karir dan Religiusitas Siswa Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke PTA. Penelitian Individu Dosen. Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri SriwijayaTangerang Banten.


Kata kunci: Persepsi Peluang Karir, Religiusitas, Minat Melanjutkan Studi Ke PTA,

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya  minat siswa SMA/SMK melanjutkan studi ke PTA. Padahal di Tangerang terdapat banyak siswa SMA/SMK yang beragama Buddha di sekolah umum yang bercorak Buddhis serta aktif di vihara-vihara yang tersebar di berbagai tempat. Padahal lulusan dari PTA khususnya STAB N Sriwijaya Tangerang Banten telah memperoleh pekerjaan yang baik di berbagai bidang. Rumusan masalah: bagaimanakah pengaruh persepsi siswa tentang peluang karir dan religiusitas siswa terhadap minat melanjutkan studi ke PTA? Penelitian ini bertujuan untuk: menjelaskan pengaruh persepsi siswa tentang peluang karir dan religiusitas siswa terhadap minat melanjutkan studi ke PTA.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode ex post facto. Penelitian dilakukan sejak bulan Agustus s.d. November 2014. Populasinya adalah siswa SMA/SMK kelas XII dari SMA Dharma Putra, SMA Perguran Buddhi, SMK Ariyametta, SMK Perguruan Buddhi, dan SMK Atissa Dipankara. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling.Teknik pengumpulan data dengan angket menggunakan skala likert. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian dapat disimpulkan:Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang peluang karir dan religisusitas siswa secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan studi ke PTA; Tidak terdapat pengaruh persepsi siswa tentang peluang karir terhadap minat melanjutkan studi ke PTA jika religiusitas siswa dikendalikan; Terdapat pengaruh religisusitas siswa terhadap minat melanjutkan studi ke PTA jika persepsi siswa tentang peluang karir dikendalikan.Besarnya sumbangan pengaruh persepsi siswa dan religiusitas siswa secara bersama-sama terhadap minat siswa melanjutkan studi ke PTA sebesar 25,1%. 74,9 % minat melanjutkan studi ke PTA dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.


No comments:

Post a Comment