Wednesday 27 July 2016

Uji Keabsahan Data Penelitian Kualitatif

Uji Keabsahan Data Penelitian Kualitatif. Pada kesempatan ini akan disampaikan cara melakukan uji keabjsahan data penelitian kualitatif. Bila uji keabsahan data penelitian kuantitatif menggunakan uji validitas dan reliabilitas, maka untuk menguji keabsahan instrumen penelitian kualitatif dilakukan dengan uji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferbilitas hasil penelitian (Sugiyono, 2012: 366).

Uji kredibilitas
Uji kredibilitas data penelitian kualitatif dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, menggunakan member check.  Perpanjangan pengamatan menggali data sampai pada tingkat makna, berusaha mendapatkan informasi sampai tuntas, dan memastikan bahwa data yang diperoleh adalah sesuai dengan kenyataan. Untuk itu, peneliti juga harus cermat dan tekun selama melakukan pengawasan agar diperoleh data yang valid dan tersusun dan terdokumentasi secara sistematis. Triangulasi dilakukan pada sumber data, teknik pengumpulan data, dan waktu pengumpulan data. Peneliti juga pastikan bahwa sudah tidak ada lagi perbedaan atau pertentangan data yang ditemukan. Agar data yang terkumpul dapat dipertanggungjawabkan keasliannya, maka diperlukan referensi berupa data dukung berupa rekaman wawancara dan foto kegiatan. Peneliti juga memberi kesempatan kepada narasumber untuk mengecek kembali data yang diberikan untuk memastikan agar data yang digunakan untuk penelitian ini telah disepakati oleh narasumber.

Uji transferability
Uji transferability data penelitian kualitatif dilakukan dengan tujuan agar penelitian ini bisa digunakan dalam konteks dan  situasi sosial lain, sehingga memungkinkan manakala orang lain ingin menerapkan hasil penelitian ini. Oleh karena itu, pembuatan laporan penelitian ini dilakukan dengan uraian yang rinci, jelas, dan sistematis, dan dapat dipercaya.

Uji Dependability
Uji dependability data penelitian kualitatif dilakukan agar orang lain kemungkinan dapat merepleksi proses penelitian ini. oleh karena itu dilakukan dengan audit proses penelitian secara keseluruhan mulai dari menentukan focus penelitian, memasuki lapangan, menentukan sumber data, analisis data, keabsahan data hingga pengambilan kesimpulan.

Uji Konfirmability
Uji konfirmability data penelitian kualitatif dilakukan dengan menguji hasil penelitian dikaitkan dengan proses penelitian. Berdasarkan proses penelitian diperoleh hasil penelitian. Jadi dalam penelitian ini, laporan hasil penelitian disesuaikan dengan proses penelitian. 


Demikian cara melakukan uji keabsahan data penelitian kualitatif yang meliputi uji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferbilitas hasil penelitian. Dengan melakukan uji keabsahan data penelitian, hasil penelitian kualitatif menjadi berkualitas. 

1 comment:

  1. Did you hear there is a 12 word sentence you can speak to your crush... that will trigger intense emotions of love and impulsive attractiveness for you buried inside his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, treasure and guard you with all his heart...

    ===> 12 Words Who Trigger A Man's Love Impulse

    This instinct is so hardwired into a man's genetics that it will drive him to work better than ever before to to be the best lover he can be.

    As a matter of fact, fueling this mighty instinct is so important to having the best ever relationship with your man that the second you send your man a "Secret Signal"...

    ...You'll immediately notice him expose his soul and heart for you in a way he haven't expressed before and he'll see you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly tempted him.

    ReplyDelete